Sekretaris BRSDM KP memberi arahan pada acara Forum Konsultasi Publik Lingkup BRSDM 2018

577

Bogor, 4 Juni 2018. Untuk meningkatkan kualitas layanan publik pada unit kerja penyedia layanan publik lingkup BRSDM KP, maka diadakan Forum Konsultasi Publik di Bogor, tanggal 4 – 5 Juni 2018. Sebanyak 52 orang peserta hadir pada acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Sekretaris BRSDM KP, Bapak Dr. Maman Hermawan, M.Sc, didampingi oleh Kepala Bagian Kerja Sama, Humas dan Data BRSDM KP, Bapak Ir. Andi Soesmono, M.EM. Peserta yang hadir berasal dari Sekretariat BRSDM KP, Balai Besar, Politeknik, Balai, SUPM lingkup BRSDM KP, khususnya petugas yang menangani perihal pelayanan publik. Hadir dari satker BRPBAP3 Maros, yaitu Indra Jaya, Kasi Pelayanan Teknis dan Sarana.Dalam arahannya, Sekretaris BRSDM KP mengungkapkan filosofi eksistensi suatu institusi pemerintah. Menurut Maman Hermawan, bahwa suatu institusi dikatakan mempunyai eksistensi jika ada pengakuan dari masyarakat bahwa mereka puas dengan pelayanan institusi dan adanya respon atau tanggapan institusi terhadap setiap masukan, keluhan, pengaduan pelayanan publik dari masyarakat. Secara khusus, BRSDM KP mempunyai core pelayanan pada bidang riset, pendidikan, pelatihan dan penyuluhan. “Oleh karenanya, pertanyaan mendasar yang perlu kita jawab bersama, apakah core tersebut, contohnya riset sudah digunakan oleh pelaku utama dan pelaku usaha?, apakah dunia pendidikan telah menggunakan hasil riset sebagai bahan pendidikan?” tutur Maman Hermawan. “Selanjutnya kita tanya lagi, apakah materi pelatihan SDM juga telah mengadopsi hasil riset? dan untuk materi penyuluhan, apakah juga telah mengaplikasikan hasil riset? tambahnya. Diakhir arahan beliau, ditekankan tentang sudah saatnya pelibatan masyarakat melalui kerja sama untuk secara langsung mendapatkan manfaat dari hasil riset, pendidikan, pelatihan dan penyuluhan.