Sinergitas Pusat Unggulan Iptek (PUI) Antara PUI Pembenihan Ikan Laut, BBRBLPP-Gondol dan PUI Udang BRPBAP3 Maros

154

Barru_ Sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Udang Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros yang ditunjuk oleh Kemenristek Dikti mempunyai beberapa tugas, untuk mendukung tugas tersebut diperlukan sinergitas ataupun kerjasama oleh beberapa pihak baik dari pihak instansi maupun stakeholder untuk mendukung kegiatan berjalan sebgaimana mestinya.

Dalam rangka membangun kerja sama, memperkuat serta mensinergikan pengembangan- pengembangan hasil penelitian antara lembaga riset unggulan dibawah koordinasi Kemenristek Dikti. PUI Pembenihan Ikan Laut, Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan BBRBLPP Gondol dan PUI Udang BRPBAP3 Maros mengadakan workshop” Pengembangan Mikroalga Laut Sebagai Pakan Alami Udang dan Ikan Serta Aplikasi Marker DNA Tumbuh Cepat Pada Udang Windu” yang diselenggrakan di aula kantor Instalasi Pembenihan Udang Windu dan Kepiting Bakau (IPUW ) Barru milik BRPBAP3 Jumat, 24 Agustus 2018.

Adapun peserta yang dilibatkan di workshop ini yaitu penyuluh perikanan dari 3 kabupaten seperti Pangkep, Barru, Pare Pare, Dinas Perikanan Kabupaten Barru, stakeholder dari asosiasi pembenihan, dosen Unhas serta beberapa orang peneliti dan teknisi Balai dengan jumlah peserta 50 orang.Dengan menghadirkan narasumber dari Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan Gondol Singaraja Bali Prof. Dr Haryati. M.S memaparkan mengenai “Pengembangan Mikroalgae Laut Untuk Pembenihan Udang dan Ikan” dan pemateri kedua yaitu Ir. Sari Budi Moria, peserta bukan hanya dibekali dengan materi tetapi peserta juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi laboratorium pakan alami, NC dan MC.

Penanggung Jawab PUI Udang BRPBAP3 Prof.Dr. Ir. Rachmansyah, M.S didampingi PLH Kepala Balai, Dr. Rosmiati dalam sambutannya mengatakan kegiatan workshop sinergitas PUI ini bertujuan untuk menginformasikan hasil riset dan program penelitian pengembangan masing-masing komponen lembaga penelitian dan diharapkan dengan adanya sinergitas ini pengembangan-pengembangan yang telah dilakukan oleh PUI dapat lebih dikenal lebih luas sehingga dapat diterima, diaplikasikan dan membantu masyrakat.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan diatas dapat diunduh dibawah ini

Gen tumbuh cepat udang windu 24 -08-2018_untuk peserta (1)

New Sinergitas Gdl-Maros Microalgae laut 24 -08 -2018_untuk peserta