Rapat Koordinasi Penyuluhan KP Tahun 2018 Satminkal BRPBAP3 Maros

1268

Maros_Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, berdampak kepada pengalihan sebanyak 3.161 Penyuluh Perikanan PNS Daerah Kepusat. Kepala BRSDM KP  telah menetapkan 9 Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan Sebagai kelembagaan Penyuluh Perikanan regional yang berfungsi sebagai Satuan Admininstrasi Pangkalan (Satminkal) Penyuluh Perikanan. Namun demikian, Penyuluh Perikanan tetap berada  dilokasi bertugas saat ini pada dinas yang menangani urusan kelautan dan perikanan di Kabupaten/Kota sebagaimana surat Mendagri ke Gubernur/Bupati/Walikota Nomor 520/9340/OTDA Tanggal 8 November 2017 perihal Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat serta penguatan fungsi Penyuluh Pertanian dan Penyuluhan Kehutanan.

Berkenan dengan Surat Mendagri tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah bersurat kepada para Kepala Dinas yang membidangi urusan perikanan Nomor : B. 236/SJ/KP.530/III/2018 Tanggal 19 Maret 2018 tentang Pembinaan Kinerja Penyuluh Perikanan pada Dinas yang membidangi urusan Perikanan. Pemantauan kinerja Penyuluh Perikanan yang dilakukan oleh Dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kelautan dan perikanan di Kabupaten/Kota, antara lain menandatangani Surat Tugas dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan perikanan, mengusulkan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Penyuluhan Perikanan  dan menyampaikan kepada Kepala Satminkal  penyuluhan yang bersangkutan untuk ditetapkan, menyampaikan capaian SKP Penyuluh Perikanan kepada Kepala Satminkal yang bersangkutan tiap bulan.

Oleh karena itu dalam rangka mensosialisasikan dan mensinergikan kebijakan Pusat kepada Satminkal dan Dinas yang membidangi urusan perikanan, Kementerian Kelautan Perikanan Bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri melaksanakan rapat koordinasi Penyuluhan Perikanan Tahun 2018 pada 9 Satminkal Penyuluhan Perikanan salah satunya diadakan di Satminkal Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan Rabu, 29 Agustus 2018.

Hadir pada kegiatan Rapat Koordinasi Penyuluhan KP Tahun 2018 Satminkal BRPBAP3 Maros, Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan Perikanan (BRSDM KP) Prof Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA , Sekretaris BRSDM KP Dr. Maman Hermawan, M,Sc Kepala Pusat Riset Kelautan Perikanan (Pusriskan KP) Bapak Dr. Ir. Toni Ruchimat, M.Sc, Kepala BRPBAP3 Prof. Dr. Ir. Andi Akhmad Mustafa M.P. ,Kepala Bidang Penyuluhan Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan Perikanan/BRSDMKP Ikhsan Haryadi, S.Pi.,M.Si dan Dr. Tarunamulia, S.T.M.Sc (Kepala Seksi Penyuluhan BRPBAP3).

Sebelum peserta dibekali dengan pemberian materi, acara pembukaan dan sambutan  langsung oleh  Bapak Sekretaris BRSDM KP Dr. Maman Hermawan, M,Sc mewakili Kepala BRSDM yang sedang melakukan kunjungan kerja Ke Instalasi Pembenihan Udang Windu dan Kepiting Bakau di Kabupten Barru, dalam sambutan beliau mengatakan Rapat koordinasi penyuluhan KP Tahun 2018 sebagai upaya mensinergikan pusat dan daerah dalam rangka optimalisasi pembangunan sektor kelautan perikanan melalui dukungan penyuluh perikanan. Kepala BRSDM KP setelah melakukan kunjungan juga menyempatkan bertemu dan memberi arahan kepada peserta, dalam arahannya Kepala BRSDM mengatakan” rapat Koordinasi Penyuluh Perikanan ini  merupakan sarana untuk penyatuan konsep, pemikiran dan pemahaman Penyuluh Perikanan dalam mencapai tujuan bersama. Selain itu sebagai tempat bertukar pikiran, menambah ilmu dan share permasalahan/kendala yang dihadapi penyuluh di lingkungan masyarakat. Karena seorang Penyuluh Perikanan adalah ujung tombak yang langsung berhadapan dengan masyarakat, menjadi perantara masyarakat sebagai pelaku utama kegiatan perikanan dengan Dinas Perikanan

Peserta 80 orang yang hadir terdiri atas Kepala Dinas, kepala Bidang, serta beberapa orang penyuluh  yang membidangi urusan perikanan Kab/kota lingkup Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara yang masing masing biayanya dibebankan pada anggaran DIPA  Satker Pusat Pelatihan dan Penyuluhan  KP Tahun 2018. Tujuan kegiatan ini adalah mensinergikan tugas pusat, satminkal dan dinas kabupaten/kota, memberikan pemahaman terkait tugas dan tanggungjawab serta hak dan kewajiban Penyuluhan Perikanan dan memberikan pengayaan terkait peningkatan kinerja Penyuluhan Perikanan, menurut Plt. Kepala Bidang Penyuluhan, Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan Perikanan/BRSDMKP Ikhsan Haryadi, S.Pi.,M.Si.

Materi Rapat Koordinasi Penyuluhan KP Tahun 2018

03 – Paparan Plt Kapuslatluh KP pada Rakorluh di BRPBAPPP Maros, 29 Agutusus) OKE

Kabalai_Evaluasi_PenyuluhBRPBAP3

ppt SULAWESI SELATAN MAROS

Rakor penyuluhan Maros 28 Agustus 2018