BRPBAP3 Melakukan Pendampingan Hasil Riset Kultur Jaringan Rumput Laut Melalui Penyuluh Perikanan Di Kel. Sibatua Pangkep

105

Pangkep_ Dalam rangka penyampaian dan penyebaran informasi hasil riset, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) sebagai salah satu institusi riset dan penyuluhan , khususnya di bidang Bioteknologi kelautan dan perikanan selalu mempublikasikan hasil-hasil risetnya. Salah satunya yaitu hasil riset kultur jaringan rumput laut dengan memberikan pendampingan ke salah satu kelompok pembudidaya yang ada di Kampung Bontopanno Kelurahan Sibatua Kabupaten Pangkep melalui penyuluh perikanan yang ada di wilayah tersebut, Senin 24/09/2018.

Pendampingan yang dilaksanakan oleh BRPBAP3  bersama dengan penyuluh perikanan Niketut Toniasih S,Pi (pendamping kelompok pembudidaya kelurahan Sibatua) yaitu berupa penebaran bibit rumput laut jenis gracillaria yang merupakan hasil kultur jaringan yang dilakukan oleh peneliti Bioteknologi BRPBAP3, pada penebaran yang dilakukan dilahan bapak Asis dengan luas 80 are disaksikan oleh Bapak lurah Sibatua Muh, Chaidir SE,M.,Si, Kasubseksi Pelayanan Teknis Ibu Rosmiati, Peneilit BRPBAP3 Ibu Sri Redjeki Hesti Mulyaningrum, Bapak Ansar

Pada kesempatan tersebut lurah Sibatua mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kementerian Kelautan Perikanan khususnya BRPBAP3 atas dukungan dan kerjasamanya untuk kegiatan ini mengingat kelurahan  Sibatua punya potensi perikanan yang cukup luas sehingga kegiatan-kegiatan seperti ini sangat memberikan maanfat kepada para pembudidaya yang ada di wilayah Sibatua, apa lagi rata rata petani tambak kebanyakan memelihara jenis ikan bandeng sehingga sangat cocok sekali dipadukan (Polikultur) dengan rumput laut, dan mudah mudahan bibit ini setelah berhasil juga akan digunakan ke kelompok kelompok yang lain untuk terus dikembangkan.

Terpisah halnya yang dikatakan oleh Kasubseksi Pelayanan Teknis, bahwah kegiatan pendampingan kultur jaringan rumput laut selama bulan September ini merupakan pendampingan yang kedua kalinya  yang dilaksanakan oleh BRPBAP3 yang sebelumnya dilakukan di kelompok pembudidaya yang ada di Kec. Maros Baru Kab. Maros dan berharap mudah mudahan pendampingan yang kami berikan ini melalui penyuluh perikanan membawa dampak manfaat untuk pembudidaya khusunya yang ada di wilayah Sibatua,dan kami berharap pendampingan seperti ini akan tetap berlanjut, apalagi penyuluh perikanan Kab. Pangkep sudah menjadi bagian dari BRPBAP3 (BRSDM KP).