Penetapan BRPBAP3 Sebagai PUI Udang dan Penyerahan Sertifikasi KNAPPP Pada Deklarasi PUI 2018

278

Tangerang– Deklarasi Pusat Unggulan Iptek (PUI) 2018 yang diselenggrakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekditi) melalui Dirjen kelembagaan litbang yang melibatkan beberapa lembaga litbang pemerintah pusat (Kementerian dan Non Kementerian), lembaga litbang daerah dan lembaga litbang industri yang telah berkinerja unggul,  inovatif dan berdaya saing yang digelar 12-14 Desember 2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhdapa lembaga litbang yang layak untuk ditetapkan sebagai pusat unggulan iptek, penilaian kelayakan didasarkan pada hasil penilaian terhadap lembaga litbang baik melalui proses pembinaan maupun proses seleksi PUI Tahun 2018.Deklarasi di buka langsung oleh Direktur Jendral Kelembagaan Iptek dan Dikti, Dr.Ir Patdono Suwigno, M.Eng.Sc di di Kawasan Nusantara Convention Hall II Indonesian Convention Exhibition (ICE), BSD Tangerang Selatan.

Kemenristekdikti menetapkan BRPBAP3 sebagai Pusat Unggulan Iptek Udang, apresiasi ini diberikan langsung oleh direktur jendaral kelembagaan iptek Dikti kepada Prof. Andi Akhmad Mustafa mewakili BRPBAP3 yang disaksikan oleh Tim PUI BRPBAP3 Ir. Muharijadi Atomarsono, Andi Parenrengi, Hidayat Suryanto, Dr. Rosmiati, Herlina Jompa dan Rosmiati, dan selain apresiasi PUI, BRPBAP3 juga memperoleh sertifikasi Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan(KNAPPP).Dengan perolehan sertifikasi KNAPPP maka selain unggul dalam capaian kinerja, proses kelengkapan sebagai lembaga penelitian  juga layak diakui secara nasional,

Prof. Andi Akhmad Mustafa menyebutkan apresiasi yang diperoleh tidak akan terwujud tampa adanya kerja  keras dari seluruh pegawai BRPBAP3, apresiasi ini pun dianggap sebagai bukti bahwa segala kegiatan riset dan desiminasi yang dikerjakan secara bersungguh sungguh berdasarkan pada kebijakan dan rencana strategis Kementerian Kelautan Perikanan. Salah satu aspek penting sebagai PUI adalah desiminasi  atau menyebarluaskan hasil riset yang dimanfaatkan oleh masyarakat, tentu dengan kerja keras bersama sehingga kami mendapat apresiasidari Kemenristekdikti,”ujarnya.