FGD Perkembangan Karier Peneliti Kerjasama Antara ACIAR dan BRPBAP3

34

Maros_Focus Group Discussion Study on Career Progression for Research Staff in RICAFE-MMAF : Results and Focus Group Discussion yang merupakan kegiatan kerjasama  ACIAR SSTC Project FIS/2016/130 Accelerating the Development of Finfish Mariculture In Cambodia Through South-South Research Cooperation With Indonesia. Melakukan Focus Group Discussion (FGD) selama dua hari 27-28 Februari 2019 yang dilaksanakan di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan.

FGD ini merupakan lanjutan dari survei berupa pengisian kusioner oleh para peneliti BRPBAP3 tentang karir peneliti yang dilaksanakan di bulan Desember 2018 dengan narasumber Dr. Silva Larson dan Dr. Mike Rimmer yang sama sama merupakan dari  University of Shunsine Coast. FGD pada hari pertama berupa presentasi mengenai hasil survei oleh ibu Silva  dan dilanjutkan dengan diskusi dengan para peneliti.

Selain presentasi mengenai hasil survei pengembangan karir peneliti tersebut ibu Silva juga memberikan seminar tentang’ A case study of the motivations behind seaweed womens groups in Indonesia villages.

Hari ke-2 FGD berupa diskusi dengan membuat 4 kelompok kecil dengan masing-masing kelompok mendiskusikan

– Mengidentifikasi kendala-kendala(barrier) yang dihadapi oleh peneliti dalam pengembangan karirnya

–  Mengidentifikasi solusi (enaber) dari kendala tersebut

– Pihak yang akan menerima rekomendasi

Output dari kegiatan FGD ini selanjutnya akan di formulasikan oleh Ibu Silva untuk disampaikan kepada Balai sebelum menjadi bahan rekomendasi akhir, rekomendasi tersebut akan disampaikan kepada pihak ACIAR dan BRPBAP3.