BRPBAP3 Maros Adakan Seminar Nasional Teknisi Litkayasa Lingkup KKP

239

Maros_Kegiatan penelitian pengembangan dan perekayasaan bidang kelautan dan perikanan akan berjalan apabila pelaksanaan didukung oleh teknisi litkayasa yang kompoten dan handal.Dalam rangka meningkatkan kompetensi, peran strategis , serta kapabilitas teknisi litkayasa dalam peningkatan inovasi teknologi di bidang penelitian dan perekayasaan dengan mengusung tema “Dukungan Litkayasa Dalam Meningkatkan Inovasi Teknologi di Bidang Penelitian dan Perekayasaan”. Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros melaksanakan forum seminar nasional teknisi litkayasa selama dua hari, 12-13 Maret 2019 bertempat di BRPBAP3 Maros


6 Satuan Kerja lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terdiri dari Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan Maros, Balai Perikanan Budidaya Air Payau Takalar, Balai Perikanan Budidaya Air Payau Situbondo, Loka Riset Budidaya Rumput Laut Gorontalo, Balai Riset Perikanan Budidaya Laut Penyuluhan Perikanan Gondol dan Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan Palembang yang terdiri dari pejabat/calon pejabat fungsional litkayasa mengirimkan parateknisi litkayasanya untuk dapat ikut dan mempresentasikan makalah penelitian yang mereka lakukan.
Rangkaian acara dengan di pandu MC oleh Debora Ayu Cristyandari, pertama tama dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan doa yang di bawakan oleh saudara Aswar Rudi dan selanjutnya sambutan dan pembukaan kegiatan Plt. Kepala BRPBAP3 A. Indra Jaya Asaad, S.Pi.M.,Sc., pada sambutanya beliau berharap forum ini menjadi sarana dan wadah bagi teknisi untuk berbagi pengalaman dan informasi. “Teknisi diharapkan dapat berperan sebagai partner peneliti untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian.Besar harapan, teknisi litkayasa hendaknya selalu melakukan adaptasi terhadap perubahan birokrasi untuk menjawab tantangan dan menangkap peluang yang ada sehingga mampu melakukan analisis strategi guna menciptakan daya tarik serta meningkatkan performanya.


Dan selanjutnya laporan ketua Panitia. Muh. Syakariah mengenai teknis pelaksanaan mulai dari tujuan dan sasaran, tema, waktu dan tempat, pelaksanaan kegiatan, di akhir laporannya Syakariah mengatakan forum pertemuan teknis litkayasa ini diharapkan untuk para teknisi litkayasa untuk dapat memberikan wawasan tentang perkembangan penelitian dan perekayasaan bidang kelautan dan perikanan secara akademis dan untuk dapat meningkatkan pengetahuan teknis yang diperoleh melalui komunikasi dan presentasi formal diantara teknisi litkayasa.
Selain peserta seminar pada pembukaan yang dilaksanakan di aula II BRPBAP3 hadir pula para pejabat struktural, profesor riset,ketua kelompok peneliti BRPBAP3, evaluator, kepala BPBAP Takalar,Ir, Nono Hartanto, M.Aq, narasumber Dr. Ir. Andi Parenrengi, M.Si (Ketua PUI Udang BRPBAP3, Dr. drh, Angela Maria Liastuti,M.Si,(Dewan Penyunting Buletin Teknik Litkayasa) Wahyu Mahardika, S.H.(Kasubbag Jabfung I Biro BRSDM KKP)Kepala BPBAP Takalar yang juga memberikan arahan dihadapan para peserta dan tamu undangan, beliau dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan seminar litkayasa yang di laksanakan oleh BRPBAP3 merupakan kegiatan yang positif untuk para teknisi litkayasa mengingat kegiatan seperti ini sudah beberapa tahun terakhir tidak pernah lagi dilaksanakan, beliau menambahkan bahwa forum litkayasa ini ini sangat dirindukan untuk para teknisi litkayasa dan juga sebagai motivasi untuk tetap berkarya.


Setelah rangkaian pembukaan acara dan coffe break selanjutnya pepaparan oleh para narasumber Dr. Ir. Andi Parenrengi, M.Si dengan materi “Dukungan Teknisi Litkayasa Untuk PUI Udang”., Dr. drh, Angela Maria Liastuti,M.Si materi “Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Teknisi Litkayasa”., dan Wahyu Mahardika, S.H tentang Prospek Kebijakan Pengembangan Karir Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa dengan dipandu moderator oleh Bimo Adi Prianggoro.
Sebanyak 41 makalah yang masuk ke panitia pelaksana dan di hari pertama sebanyak 32 orang telah melakukan pemaparan dihadapan para evaluator dan peserta seminar dengan dibagi beberapa sesi untuk efisiensi waktu, Bermanfaat sekali acara ini, untuk sharing ilmu, tukar informasi dan juga memotivasi kami para teknisi litkayasa untuk mengembangkan diri. jadi sangat bermanfaat, salah satunya kami jadi bisa menulis hasil-hasil penelitian,” Muhtarul Abidin, salah satu peserta dari Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan Palembang.