Respon Cepat BRPBAP3 Terkait Kematian Ikan di Pesisir Perairan Bulukumba

213

Bulukumba_05 Maret 2019.Kasus kematian ikan kembali terjadi di kawasan pesisir perairan Kabupaten Bulukumba yang terjadi dii 6 lokasi berbeda, yaitu pesisir Pantai Bira, Pantai Bara, Pantai Timur, Kasuso, Pulau Liukang, dan Pulau Kambing.

Warga setempat hingga saat ini belum mengetahui pasti penyebab kematian ikan tersebut. Terkait respon cepat kematian ikan di Perairan Bulukumba, maka BRPBAP3 telah berkoordinasi dgn Balai Besar Karantina dan BPSPL Makassar. dan Dinas Perikanan Kab. Bulukumba Sehingga masing-masing telah mengirim tim ke lokasi.

Tupoksi BRPBAP3 dengan menurunkan tim untuk melakukan pengambilan sampel air di beberapa titik di disekitar kawasan pesisir perairan Bulukumba untuk pengecekan kadar amonia pada air dan plankton yang selanjutnya bakal di uji BRPBAP3 Maros, Loade Muhammad Hafiz Akbar(Teknisi BRPBAP3) dan tim yang di terjunkan ke lokasi sebelumnya melakukan koordinasi dengan dinas terkait.

jenis ikan yang banyak ditemukan mati di perairan Bontobahari merupakan ikan triggerfish. Masyarakat lokal Bira, Bulukumba, menyebut ikan ini dengan sebutan ikan pogo-pogo.