Kunjungan Praktikum : Mahasiswa Jurusan Teknologi Pembenihan Ikan Politeknik Negeri Pangkajene Dan Kepulauan di BRPBAP3

136

Maros_Kunjungan mahasiswa Politeknik Negeri Pertanian Pangkajene dan Kepulauan ke Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros yang diadakan pada tanggal 11-12 April 2019 ini merupakan kunjungan praktikum Mahasiswa D IV jurusan Teknologi Pembenihan Ikan. Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun oleh mahasiswa Politeknik Negeri Pertanian Pangkajene dan Kepulauan. Tidak hanya kunjungan semata yang dilakukan, namun kunjungan ini juga memiliki beberapa tujuan yaitu Untuk lebih mengetahui tentang riset penelitian dan pengembangan khusunya mengenai litbang genetika dan bioteknologi  di BRPBAP3.

Plt. Kepala BRPBAP3 A. Indra Jaya Asaad, S.Pi.,M.Sc yang menerima langsung mahasiswa peserta kunjungan praktikum tersebut, memberikan sedikit arahan mengenai riset untuk pendidikan serta pembahasan program kerjasama antara BRPBAP3 dengan Politeknik Negeri Pertanian Pangkajene dihadapan para mahasiswa dan dosen pendamping yang turut hadir.

Sementara itu Ir. Nawawi, M.Si selaku ketua program jurusan Teknologi Pembenihan Ikan mengatakan, ucapan terima kasih kepada BRPBAP3 yang sudah bersedia menerimah kunjungan praktikum ini, menurutnya dipilihnya  BRPBAP3 sebagai tempat kunjungan praktikum karena dari segi fasilitas, sarana prasaran dan sumber daya manusia yang memadai, Ir Nawawi menambahkan bahwa kegiatan kunjungan praktikum ini juga dikarenakan adanya perubahan kurikulum yang mengharuskan memperbanyak pembelajaran praktek dibanding teori,”tambahnya.

Peserta kunjungan praktikum yang berjumlah 46 orang mahasiswa dilaksanakan selama 2 hari mereka akan belajar mengenai genetika dan bioteknologi di laboratorium Bioteknologi BRPBAP3, pada hari pertama sebelum melakukan praktek langsung, Ibu Andi Tenriulo, S.Si.,M.Si  memberikan materi tentang litbang genetika dan bioteknologi di aula II BRPBAP3, kemudian selanjutnya dilakuakan praktikum Ekstraksi DNA, Membuat gel agarose Mengukur konsentrasi DNA dan elektroforesis, PCR RAPD-SCAR dan PCR mt-DNA dan Elektroforesis hasil PCR dengan dibagi beerapa kelompok serta didampingi peneliti  Ibu Sri Redjeki Mulyaningrum dan Teknisi Ibu Mujayana.