Penyuluh Perikanan dari Tiga Provinsi Mengikuti Workshop Nasional di BRPBAP3

840

Maros_Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) sukses menggelar salah satu kegiatan nasional di bidang perikanan yaitu” Workshop Nasional Penyuluh Perikanan Tahun 2019 dengan mengankat Tema” Pengembangan Penyuluh Perikanan Di Era Rovolusi Industri 4.0, Senin 28/10/19 bertempat di pelataran BRPBPA3 secara outdoor.

Kegiatan workshop nasional ini di rancang berdasarkan kebutuhan  peningkatan kapasitas penyuluh perikanan ditengah tuntutan teknologi perikanan yang semakain berkembang dari masa ke masa, khusunya di era revolusi industry 4.0 kata ketua panitia Andi Makkarateng pada saat memberikan sambutan dipembukaan dikegiatan workshop tersebut.

Workshop nasional yang dihadiri 350 peserta yang tergabung dari penyuluh perikanan dari tiga propinsi, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, guru SMK Perikanan yang ada di Sulsel dan Sulbar dan Sekolah Usaha Perikanan Bone ini dibagi kedalam lima kelas tematik yang mereka dapatkan di workshop tersebut.

Plt. Kepala BRPBAP3 A. Indra Jaya Asaad yang membuka kegiatan dalam sambutannya mengatakan workshop ini selain sebagai bekal pengetahuan para penyuluh tentang teknologi perikanan untuk disampaikan kepara pelaku usaha perikanan, juga sebagai wadah silatuhrahmi bagi para penyuluh satminkal BRPBAP3.

Para pejabat dari lingkup KKP baik dari pusat maupun yang ada di daerah khususnya di Sulsel turut hadir dikegiatan tersebut, Sekretaris Badan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan  dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ikhsan Haryadi, S.Pi.,M.Si, perwakilan dari Dinas KP Propinsi Sulsel Ir. Chairil Anwar, MM,  Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau Takalar Ir. Nono Hartanto, M.Ag, keapala sekolah usaha perikanan Bone  Nurdin Kasim, Kepala BKIPM Makassar Ibu Ir. Sitti Chadidjah, M.Si, kakelti BRPBAP3 serta para pejabat structural lingkup BRPBAP3. Panitia penyelenggara menghadirkan beberapa orang sebagai keynote speaker yang ahli dibidangnya masing-masing separti  Sekretaris Badan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan diwakli oleh Ikhsan Haryadi Materi (Peran Peneliti dan Penyuluh Perikanan Dalam Hilirisasi dan   Diseminasi Inovasi KP, Dr. Sabir tato, S.Pt, M.,Si (Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) batangkaluku, Badan Penyuluhan  dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian tentang Kiat Kiat Penyuluh Menjadi Motivator Penggerak Perubahan Bagi Masyarakat, Dodi Kurniawan, S.Pt.,MH Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi dengan materi Peran dan Fungsi Balai Gakkum LHK Sulawesi) serta Abdul Chalid P SIP, M.Si Net TV Biro Sulsel membawakan materi tentang Pemanfaatan  Media Audio Visual dalam Penyuluhan.

Dan adapun materi tematik yang didapatkan  para peserta yang merupakan hasil inovasi  dari KKP Pengenalan dan Demo Aplikasi Laut Nusantara dibawakan Dr. I Nyoman Radiarta, S.Pi, M.Sc (Kepala Balai Riset dan Observasi Laut Perancak Bali, LEDIKAN Teknologi Pemikat Ikan oleh Agus Cahyadi, S.Pi, M.Si (Kabid Perikanan Budidaya Pusat Riset Perikanan Jakarta, Aplikasi Probiotik dan Demo Kultur Probiotik oleh Ir. Muharijadi Atmomarsono, M.Sc (Peneliti Utama Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan Maros), Dr Melta Rini Fahmi, S. Pi, M.Si (Balai Riset Budidaya Ikan Hias  Depok) Judul Materi Teknologi Budidaya Maggot sebagai alternatif pakan ikan dan Luthfi Assadad, S.Pi, M.Sc (Kepala Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan  Bantul) Judul materi Non destruktif Testing Ikan Segar.

 Untuk masing-masing materi tersebut diatas untuk memudahkan baik bagi para penyuluh perikanan, pelaku usaha perikanan dan yang lainnya, panitia akan menguploadnya keakun youtube balai dengan alamat (BRPBAP3 Maros).