PAUD Buah Hati Melakukan Wisata Edukasi Komoditas Ikan Air Payau di BRPBAP3

94

Maros_Puncak Tema Pendidikan anak Usia Dini (PAUD) dan Transisi Antar Tema PAUD. Pada setiap akhir tema, sekolah PAUD hendaknya mengadakan puncak tema agar anak-anak PAUD  bisa merasakan, melihat, dan mengalami sendiri apa saja yang telah mereka pelajari selama mereka belajar di sekolah. Hal ini juga dilakukan oleh PAUD Buah Hati yang berlokasi Dusun Bontokamase Desa Tanete Kecamatan Simbang Kabupaten Maros,  yang melakukan kunjungan ke Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3)  sebagai kegiatan puncak tema dengan tema perikanan.

Siswa-siswi Paud Buah Hati sangat antusias berkunjung ke BRPBAP3. Keantusiasan para siswa sangat menular, keceriaan mereka pun turut menyemarakkan kegiatan tersebut. Siswa-siswi beserta guru dan wali murid disambut oleh Andi Bahtiar mewakili kepala BRPBAP3 Maros. Pada kegiatan tersebut kami memberikan permainan serta menjelaskan jenis – jenis komoditas ikan air payau yang merupakan komoditas Penelitian BRPBAP3.  Jenis ikan yang diperkenalkan cukup beragam, mulai dari Ikan bandeng, ikan nila salin, udang, kepiting.  Secara virtual  Kepala BRPBAP3, A. Indra Jaya Asaad mengucapkan terima kasih atas kunjungan Paud Buah hati. Beliau juga mengatakan kegiatan puncak tema seperti ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan lingkungan dan juga jenis ikan apa saja yang terdapat di Balai dan tak lupa juga mengapresiasi dan terimakasih kepada Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing KKP yang telah memberikan cindera mata kepada siswa siswi berupa goody bag GEMARIKAN yang berisi buku cerita, Tumbler.

“Kegiatan ini benar-benar bagus. Saya senang anak-anak antusias untuk melihat ikan apa saja yang ada di Balai ini,” ujar A.Indra Jaya Asaad, “Saya harap kegiatan seperti ini akan menjadi agenda tetap, karena selain melihat seperti apa bentuk ikan yang ada, anak – anak juga bisa memberikan pakan langsung ke Ikan.”

Sementara mewakili Direktur PDS KKP, Dede Gilang Septarina, menyampaikan terimakasih kepada BRPBAP3 yang telah bersinergi dengan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk KKP untuk kampanye  Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Lebih lanjut beliau Memberikan edukasi kepada siswa – siswi Paud Buah Hati tentang manfaat makan ikan serta kandungan gizi didalamnya,” Gilang.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok dengan nama-nama ikan dan masing masing kelompok bisa melihat aktivitas ikan dan memberi pakan sambil pendamping menjelaskan jenis ikan dll.

Salah seorang siswi Paud Buah Hati,  Siti Khadijah, bertanya pada gurunya, “Bu Guru, apa saja Ikan di sini? Kalau itu ikan apa namanya?”

Sungguh, keingin-tahuannya sangat besar. Ini adalah salah satu contoh yang luar biasa bahwa anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar pada hal-hal baru di sekitarnya.

Setelah melakukan kegiatan bermain dengan ikan, anak-anak kemudian diperbolehkan untuk memancing di kolam, pemberian makan pada ikan yang didampingi oleh masing masing pendamping dari Balai. Selain memancing siswa siswi juga di perkenalkan jenis jenis plankton dengan menggunakan mikroskop.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan goody bag GEMARIKAN yang berisi buku cerita, Tumbler, dll) yang merupakan sumbangan dari Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing KKP.