Temu Lapang “Transfer Knowledge Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar di Desa Bissolloro”

116

Gowa, 24/11/2020_Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan BRPBAPPP Maros melaksanakan kegiatan Temu Lapang dengan Topik Transfer Knowledge Perikanan Budidaya Ikan  Air Tawar di Desa Bissolloro Kabupaten Gowa. Kegiatan tersebut di buka secara resmi oleh Kepala BRPBAP3 Maros Dr. A. Indra Jaya Asaad dan di hadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kab Gowa Drs.Masykur Mansyur, MM , Narasumber Kegiatan Tibu Alam selaku Praktisi Perikanan, Kepala Desa Bissollloro, Pejabat Fungsional dan Staf  BRPBAPPP Maros, Penyuluh Perikanan Gowa dan 10 Perwakilan Kelompok Pembudidaya Ikan Tawar, Tokoh Masyarakat setempat.

Dalam Sambutan Kepala BRPBAP3 Maros  menyampaikan bahwa Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk Komitmen Kementerian Kelautan Perikanan KKP dalam hal ini BRPBAPPP Maros dalam memajukan sektor Kelautan Perikanan khususnya di Bidang Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penguatan Kelembagaan Kelompok Pembudidaya Ikan Air Tawar, kegiatan ini menjadi media dalam tranfser Pengetahuan bagi Pelaku Utama Binaan Penyuluh Perikanan di Kab Gowa yang di Fasilitasi oleh Seksi Penyuluhan bersama Penyuluh Perikanan Kabupaten Gowa.

Kesempatan yang sama Kepala Dinas Perikanan Kab Gowa juga menyampaikan Apresiasi kepada Kepala BRPBAPPP Maros yang melaksanakan kegiatan tersebut memberi manfaat secara langsung ke Lokasi yang notabenenya sangat jauh dari Kota. Program seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat di Kabupaten Gowa. Kepala Dinas Perikanan juga berharap kegiatan ini tidak berhenti disini saja tapi perlu ke lokasi lain yang memiliki potensi yang sangat besar apalagi Gowa memiliki 18 Kecamatan sehingga masih perlu tambahan Personel Penyuluh Perikanan Kedepannya utk memaksimalkan Pembinaan dan Penyuluhan di Kabupaten Gowa.

Pada Sesi Pemaparan Materi Kegiatan, Narasumber Menyampaikan Materinya dengan Lugas dan Komprehensif menggunakan bahasa sederhana sehingga Peserta sangat mudah memahami dan antusias mendengarkan, menyimak seluruh Paparan Narasumber. Setelah paparan Narasumber langsung melakukan Demonstrasi melalui Instrumen yang sudah disiapkan oleh Panitia berupa 2 ekor Ikan Mas dan Alat Pendukung lainnya. Dan yang paling Menarik dari kegiatan ini, karena dilaksanakan dibawah Pohon Pinus yang begitu Indah dan sejuk di Desa Bissolloro yang masuk kawasan Agrowisata. Pada saat Narasumber selesai paparan banyak peserta bertanya terkait Cara Budidaya Ikan Air Tawar di Dataran Tinggi yang efektif dan Efesien.

Salah satu pelaku Utama yang ikut sebagai peserta “Ramli” menyampaikan terimah kasih kepada BRPBAPPP Maros dan Penyuluh Perikanan Gowa yang bersedia membuat kegiatan Temu Lapang di Masa Covid-19 dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, kegiatan ini sangat berguna dan menambah pengetahuan bagi kelangsungan Usahanya dibidang Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar demi terciptanya kemandirian Ekonomi dimasa yang akan datang.