PENELITI BRPBAPPP MAROS TERPILIH SEBAGAI PESERTA SUSTAINABLE AQUACULTURE 2020 – SHORT TERM AWARD

37

Maros_Dalam rangka untuk membangun kapasitas dalam produksi akuakultur berkelanjutan termasuk pengembangan kapasitas dalam pengelolaan induk, pengelolaan air dan ekosistem, pemberian pakan dan nutrisi, pengendalian penyakit, biosekuriti, dan rantai pasokan, Australia Awards in Indonesia (AAI) dan University of Tasmania menyelenggarakan kegiatan Sustainable Aquaculture 2020 – Short Term Award dengan jumlah peserta 25 orang yang berasal dari KKP, Universitas, Pemda, Bapenas, UNKM  dan Swasta yang bergerak dibidang perikanan.

Salah satu persyaratan untuk mengikuti kegiatan tersebut adalah melalui Proses seleksi yang dimulai sejak tanggal 23 Februari  2020. Pengumuman hasil seleksi dilaksanakan pada Bulan Maret 2020. Dari 25 orang peserta yang dinyatakan lulus salah satunya adalah peneliti dari Balai Riset Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAPPP) Maros Dr. Ince Ayu Khairana Kadriah yang mewakili Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP).

Pada kegiatan pembukaan yang dilaksanakan secara daring diawali dari sambutan kedutaan Australia George Hughes menyampaikan atas nama kedutaan besar kami menyambut hangat kepada seluruh peserta atas kegiatan studi singkat ini dalam rangka peningkatan dan pengembangan khususnya di perikanan budidaya dan pastinya pemerintah Australia sangat mendukung kegiatan ini.

Pelaksanaan kegiatan dari di mulai Januari – Desember 2021 dengan kegiatan Pre-Course Workshop, Presentasi, In-Australia course dan Post-course Workshop. Selama mengikuti program tersebut pemateri dari DJPB KKP dan University of Tasmania, Australia akan memberikan beberapa materi diantaranya : Challenges and Opportunities to Increase Aquaculture in Indonesia,, Sustainable Aquaculture Development: Policy And Opportunities, Supply chains in Indonesian seafood exports, The status of aquaculture in Australia.

Kegiatan diakhiri kunjungan ke University of Tasmania di Hobart Australia bulan oktober2021 dan post_course di Indonesia sampai Desember 2021.