Pembahasan Propsal Teknis Riset Lingkup BRPBAP3 Maros TA. 2021

43

Maros_ Memasuki tahun anggaran baru dan sebelum melakukan kegiatan yang sesuai dengan tugas dan fungsi pokok, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros melakukan kegiatan pembahasan propsal teknis riset TA. 2021 lingkup BRPBAP3 yang dibuka oleh Kepala Pusat Riset Perikanan Ibu Yayan Hikmayani, M.Si. Kamis, 28 Januari 2021 secara virtual yang dihadiri oleh kepala BRPBAP3 A. Indra Jaya Asaad, S.Pi.,M.Sc selain itu hadir pula tim Pakar dari Pusat Riset Perikanan, Prof. Ketut Sugama, Prof, Haryanti,  Dr. Endhay Kusnendar, Prof. Rachman Syah, Prof Akhmad Mustafa, Prof Brata Pantjara serta tim evaluator dari eksternal yang sudah menjadi mitra dalam mendampingi progres kegiatan riset BRPBAP3 Maros yaitu, Prof. Budi Prayitno dari Undip Semarang, Bpk Dr, Alimuddin dari IPB, Prof Haryati dari Unhas dan Prof. Hatta Fatta dari UMI Makassar.

Dalam Sambutannya Kepala Pusat Riset perikanan menegaskan bahwa fokus kegiatan riset harus mendukung program Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), arah, dan tujuan riset harus jelas. riset-riset yang outputnya teknologi diharapkan sudah padah tahap pengembangan, dan diharapkan bisa menciptakan sentra-sentra teknologi atau kampung-kampung komoditas unggulan. Output produk biologi diharapkan dapat menghasilkan benih dan induk unggul serta output data dan informasi adalah hasil riset yang dijadikan rekomendasi hasil riset dan disampaikan ke Bank Genetik BRSDM KKP.

Disampaikan pula bahwa terkait fokus riset  tidak lagi berdasrakan keinginan penelitinya tapi berdasarkan kebutuhan masyarakat. Konsentrasi dari Kementerian Kelautan untuk Riset Maros adalah komoditas udang. disampaikan 3 program besar Pak Menteri KP yaitu merevitalisasi tambak udang, membuat kampung ikan, harapannya sumbangsih ekonmi regional, serapan tenaga kerja dan peningkatan ekonomi dengan menggunakan teknologi dan terintegrasi hulu hilir, proses produksi, pengolahan dan pemasarannya dan yang ke-peningkatan PNBP dari SDA Kementerian Kelautan Perikanan”Terangnya

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari para penanggung jawab kegiatan riset masing masing memaparkan kajian riset yang akan di laksanakan pada tahun ini yang selanjutnya akan di tanggapi oleh tim pakar yang sesuai dengan bidangnya. Kata penanggung jawab kegiatan yang merupakan koordinator tata operasional BRPBAP3 Agus Nawang S.St.Pi.