Peneliti BRPBAP3 Dilibatkan Dalam Pemantapan Dalam Riset Rumput Laut Tahun 2021 di LRBRL GORONTALO Secara Virtual

28

Maros_11/02/2021. Tiga peneliti Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3), Prof. Dr. Rachman Syah dan Prof. Dr. Brata Pantjara sekaligus sebagai tim pakar Pusat Riset Perikanan (Puriskan) untuk Loka Riset Budidaya Rumput Laut (LRBRL) Gorontalo, serta Dr. Ir. Andi Parenrengi sebagai reviuwer dilibatkan pada  kegiatan pemantapan kegiatan riset rumput laut tahun 2021.  Selain itu, dihadiri juga tim pakar Puriskan, Dr. Endhay Kusnendar dan Dr. Lideman, M.Sc perekayasa dari Balai Perikanan Budidaya Air Payau Takalar.

Menurut panitia dari LRBRL bahwa dengan pertimbangan pandemi, kegiatan tersebut diadakan secara virtual pada hari Rabu, 10 Februari 2021, dari pukul 09.00-14.00 WITA.  Proposal teknis riset rumput laut 2021 yang dipaparkan terdiri dari 4 (empat) kegiatan:

  1. Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Secara Produktif Dengan Penentuan Pola Musim Tanam Budidaya  Rumput Laut Jenis Kappaphycus alvarezii dI Provinsi Sulawesi Barat (Oleh: Muslimin, Sp.Pi, MP)
  2. Riset Penyediaan dan Distribusi Bibit Rumput Laut, Kappaphycus alvarezii Cepat Tumbuh (Oleh: Petrus Rani Pong-masak, M.Sc)
  3. Kultur Jaringan Untuk Pembenihan Gelidium: Optimasi Metode   Kultur Gelidium sp. (Oleh: Siti Fadilah, S.Si, M.Si)
  4. Teknologi Budidaya Rumput Laut Gelidium sp. dengan Substrat Berbeda di Tambak (Oleh: Wiwin Kusuma Perdana Sari, S.Si., M.Sc.).

Tim pakar dan reviuwermemberikan masukan dan saran tidak terbatas pada kebijakan dan program KKP/BRSDM/Puriskan tetap juga banyak menyoroti substansi teknis proptek riset yang dibuat peneliti dari LRBRL Gorontalo, antara lain: format proptek, sistimatika penulisan, tujuan/sasaran, output, justifikasi riset, pemilihan lokasi dan perlakuan, parameter yang diamati, analisis data dan sebagainya. Kepala LRBRL, Bapak Rinel Ponto, ST sangat mengapresiasi masukan dan saran dari tim pakar dan reviuwer yang telah disampaikan pada kegiatan tersebut.