Sebagai Tim Teknis/Ahli, Peneliti BRPBAP3 Dilibatkan Dalam Kunjungan Lapang ke Lokasi Rencana Diseminasi Budidaya Udang Windu di Sulawesi Selatan.

60

Bone_Diseminasi Budidaya Udang Windu di Sulawes Selatan akan dilakukan pada 13 Kabupaten yang memiliki wilayah tambak air payau dan merupakan kegiatan antara Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Selatan dengan DKP Kabupaten. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Program Kebangkitan Udang Windu di Sulawesi Selatan. Penentuan rencana lokasi diseminasi diinisiasi dan diusulkan oleh DKP Kabupaten kemudian dilakukan verifikasi administrasi oleh DKP Provinsi.

Untuk mendapatkan gambaran teknis lokasi rencana  diseminasi budidaya udang windu, maka tim DKP Provinsi melakukan kunjungan lapang ke lokasi yang telah diusulkan dengan melibatkan tim teknis/ahli. Hasil survei tersebut akan menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan kegiatan diseminasi di Kabupaten tersebut. Dalam rangka kunjungan lapang ke Kabupaten Bone, tim DKP Provinsi melibatkan peneliti BRPBAP3 Maros, Dr. Ir. Andi Parenrengi, M.Sc, sebagai tim teknis/ahli dalam pemilihan lokasi tersebut. Pada hari Jumat, 19 Maret 2021 telah dilakukan kunjungan lapang pada 2 lokasi yang diusulkan oleh DKP Kabupaten Bone, yakni (1) Desa Sumpangminangae, Kecamatan Sibulue (Pokdakan Sahabat Pesisir) dan (2) Desa Mabbiring Kecamatan  Sibulue (Pokdakan Sipakario), maasing-masing sekitar 5 ha.

Kunjungan lokasi tersebut diikuti langsung oleh Kepala dinas, Kabid Budiday, Staf DKP Kabupaten Bone, Penyuluh Perikanan, dan Pembudidaya serta tim teknis dari DKP Provinsi Sulawesi Selatan. Sebelumnya peneliti BRPBAP3 Maros, Ir. Muharijadi Atmomarsono, M.Sc, juga telah dilbatkan dalam kunjungan lapang ke lokasi rencana diseminasi budidaya udang windu di lokasi tambak Kabupaten Barru. Sementara itu, peneliti BRPBAP3 Maros, Prof. Dr. Ir. Andi Akhmad Mustafa, M.P akan dilibatkan dalam kunjungan lokasi rencana diseminasi budidaya udang windu di Kabupaten Maros.