BRPBAPPP Maros Sukses Menyelenggarakan Seminar Nasional Teknisi Litkayasa III Secara Virtual

83

Maros_Dalam rangka meningkatkan peran strategis teknisi litkayasa, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAPPP) Maros bekerjasama dengan Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BBAP)Takalar ,Politeknik Negeri Pertanian Pangkajene dan Kepulauan mengadakan forum Seminar Nasional Teknisi Litkayasa III Tahun 2021, dengan mengusung tema “Kerja Nyata Teknisi Litkayasa di Masa Pandemi”yang dilaksanakan secara virtual di BRPBAPPP Maros, Selasa 30 April 2021.

Ketua panitia penyelenggara Laode Muhammad Hafiz Akbar, A.Md melaporkan bahwah sesuai dengan tema yang diangkat Kerja Nyata Teknisi Litkayasa di Masa Pandemi mengambil nilai dan pesan dari tema tersebut bahwah teknisi litkayasa harus tetap memiliki optimisme dan meyakini bahwah ditengah tantangan pandemi yang melanda kita harus tetap dapat berkinerja nyata dalam melakukan pelayanan penelitian dan perekayasaan.

Dan Beliau juga melaporkan bahwa sebanyak 22 Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari satuan kerja lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berpartisipasi dan sebanyak 40 makalah dalam bentuk video yang telah diupload di akun youtube BRPBAPPP untuk ditonton para peserta seminar. Adapun satuan kerja lingkup KKP yang ikut seperti Balai Budidaya Air Payau Takalar, Balai Besar Penangkapan Ikan Semarang, Balai Besar Riset Budidaya Laut, Balai Perikanan  Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi, Balai Riset Budidaya Ikan Hias Depok, Balai Riset Perikanan Laut Cibinong, Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara,Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi, Balai Besar Perikanan Laut Lampung, Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi KP, Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Situbondo, Balai Besar Perikanan Budiaya Air Tawar Tatelu, Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon, Balai Riset dan Observasi Laut Prancak, Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan Palembang, Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan Serang, Loka Riset Budidaya Rumput Laut Gorontalo, Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan Bantul,Loka Riset Sumber Daya dan Kerentanan Pesisir Bungus, Unit Rintisan Riset Teknologi Kelautan, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Maros dan dari lingkup pendidikan yaitu Politeknik Negeri Pertanian Pangkajene dan Kepulauan.

Kepala Pusat Riset Perikanan KKP Yayan Hikmayani, S.Pi.,M.Si yang membuka kegiatan ini sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BRPBAPPP Maros yang sudah menginisiasi seminar litkayasa ke III karena peran litkayasa yang sangat strategis dalam membantu keberhasilan suatu riset, keikutsertaan litkayasa dalam penelitian sangat memerlukan wadah seperti yang dilakukan BRPBAPPP Maros saat ini salah satunya melalui karya tulis ilmiah litkayasa,semnas litkayasa ini sangat penting karena akan membantu kreativitas dan kompetensi dan kapabilitas dalam inovasi teknologi dibidang penelitian dan perekayasaan.

Lanjut beliau mengatakan melalui kegiatan semnas litkayasa ke III kepala pusriskan  berharap peran teknisi litkayasa agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam rangka mendukung kegiatan riset seperti tema yang diangkat di kegiatan ini.

Kepala BRPBAPPP Dr. A. Indra Jaya Asaad, S.Pi.,M.Sc yang juga memberi sambutan mengatakan bahwa pelaksanaan seminar litkayasa di maksudkan sebagai suatu media wadah komunikasi informasi untuk para teknisi litkayasa, sehingga BRPBAPPP Maros menyelenggarakan secara rutin yang sudah dimulai sejak dari tahun 2019, semoga ini menjadi nilai ibadah untuk kita semua dan semoga dengan motivasi yang kita dapatkan dikegiatan ini dapat meningkatkan kinerja dimasa pandemi ini sambungnya”.

Adapun yang menjadi pemateri di kegiatan seminar tersebut yaitu Dr. Ir Darmawan, MP (Direktur Politeknik Negeri Pertanian Pangkajene dan Kepulauan) dengan materi Peran Strategis Teknisi Litkayasa Untuk Meningkatkan Kinerja Riset.  Dr. Ir. Yulistyo, M.Sc (Widyaiswara Ahli Utama Balai Diklat Aparatur Sukamandi, BRSDM KP) membawakan materi Budaya Kerja dan Peningkatan Motivasi Kerja Bagi Teknisi Litkayasa dan Wahyu Mahardika, SH (Subkoordinator Jabatan Fungsional I, Biro Sumber Daya Manusia Aparatur dan Organisasi, Sekjen KKP) dengan judul materi Pembinaan Kepegawaian Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa.

Setelah pemaparan materi dari para keynote speaker, dilanjutkan dengan sesi diskusi paparan yang dipandu langsung oleh A, Bahtiar, S.St.,Pi.,M.Si. Ada 3 bidang yang di diskusikan yaitu bidang budidadya, penangkapan serta pengolahan dan beberapa pertanyaan dari peserta yang sudah dikompilasi oleh panitia menjadi bahan di sesi diskusi tersebut. Melalui seminar ini, diharapkan dapat menjadi sarana dan wadah bagi teknisi untuk berbagi pengalaman dan informasi. Di samping itu, teknisi litkayasa juga diharapkan dapat berperan sebagai partner peneliti untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian.

Besar harapan, teknisi litkayasa hendaknya selalu melakukan adaptasi terhadap perubahan birokrasi untuk menjawab tantangan dan menangkap peluang yang ada sehingga mampu melakukan analisis strategi guna menciptakan daya tarik serta meningkatkan performanya

Penyelenggaraan seminar nasional litkayasa BRPBAPPP Maros juga di support oleh sponsor dari Neng Geulis Gallery,Frida Aulia Indonesia Radio Distrosijiwa Bogor. Dan diakhir acara panitia mengumumkan beberapa dari peserta yang berhak mendapatkan doorprise dari sponsor.