Sinergitas BRPBAP3 dan PDS KP Dalam Safari Gemarikan di Sulawesi Barat

27

MAMUJU – Untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) agar masyarakat sehat dan berkualitas dalam kehidupannya, Kegiatan yang dilaksanakan di Kab. Mamuju Provinsi Sulawesi Barat beralangsung selama 2 hari (25-26 April 2021) didua lokasi berbeda yaitu di rumah adat Kab, Mamuju dan Pantai Lombang Kalukku.

Sebanyak 1000 paket produk olahan berbahan dasar ikan yang akan disalurkan bagi masyarakat di dibeberapa titik lokasi khususnya pada masyarakat yang terdampak bencana gempa beberapa waktu yang lalu. Safari Gemarikan ini dihadiri oleh Komisi IV DPR RI Dr. Suhardi Duka, M.M beserta Direktur Usaha dan Investasi Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Dr. Catur Sarwanto, Kepala Dinas Perikanan, Wakil Bupati Kab. Mamuju, Kepala DKP Provinsi Sulawesi Barat.

Direktur Usaha dan Investasi Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Dr. Catur Sarwanto menjelaskan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan tertentu yaitu untuk meningkatkan konsumsi ikan khususnya pada anak-anak agar supaya dapat meningkatkan kecerdasan pada anak serta mengatasi masalah stunting.

Pada kesempatan tersebut Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAPPP) Maros turut serta berpartisipasi dikegiatan safari gemarikan ini karena  beberapa produk olahan hasil pendampingan oleh penyuluh perikanan Kab. Mamuju satminkal BRPBAPPP Maros menjadi paket di kegiatan Gemarikan, adapaun paket tersebut antara lain abon ikan marlin, ikan kering mairo, bakso ikan tongkol, amplang ikan dan ikan teri kacang masing masing 1020 paket.

Mewakili kepala BRPBAPPP Maros, Dr. A. Indra Jaya Asaad, S.Pi.,M.Sc yang turut hadir juga secara simbolis memberikan paket gemarikan kepada masyaratkat, selain itu perwakilan dari BRPBAPPP koordinator penyuluhan Anton Mulyawan, Koordinator pelayanan teknis A, bahtiar dan kpenyuluh perikanan Kab. Mamuju turut serta membagikan paket gemarikan dibeberapa titik lokasi di Kab. Mamuju.