Panen Total di ITP Punaga dihadiri Ibu Bupati Kab. Takalar

417

Takalar_Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggenjot produksi perikanan budidaya vaname untuk peningkatan ekonomi nasional dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Untuk itu, KKP melalui Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) berhasil mengembangkan riset “Aplikasi Sistem Progresif, Sludge Collector dan Microbubble pada Budidaya Udang Vaname Superintensif Perbaikan Kinerja Budidaya Udang Vaname Superintensif.

Kajian dari hasil riset tersebut telah dilakukan panen total udang vaname tambak superintensif di Instalasi Tambak Percobaan (ITP) Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3), yang berlokasi di Desa Punaga Kabupaten Takalar Rabu, 28 Juli 2021. dihadiri langsung Ketua tim penggerak PKK Kab. Takalar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Takalar, Camat Mangarabombang dan Kepala BRPBAP3 Maros.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Takalar, Muhammad Iskandar Adam, berkomitmen untuk bersinergi untuk memanfatkan teknologi BRPBAP3 terutama teknologi yang bisa diaplikasikan langsung oleh masyarakat

Sementara itu, ketua tim penggerak PKK sekaligus rektor Institut Teknologi Pertanian (ITP) Takalar,  Irma Andriani menyarakan kepada pemerinta desa Punaga untuk bisa membuat percontohan budidaya vaname skala rumah tangga hasil teknologi BRPBAP3 melalui Bumdes mengingat lokasi Instalasi Tambak Percobaan berada di wilayah desa punaga sehingga memudahkan untuk belajar dan konsultasi dengan tim pakar yang ada di ITP Punaga.

Kepala BRPBAP3 Maros, Asda Laining, menyampaikan apresiasi kepada Pemda Takalar dan rektor ITP Takalar yang sudah berkunjung ke salah satu Instalasi milik BRPBAP3 dan berharap kedepan ada program dari Dinas Kelautan dan Perikanan Takalar bisa di kolaborasikan.

Selain berdialog dengan peneliti, Rektor Institut Teknologi Pertanian Irma Andriani bersama Kadis Kelautan dan Perikanan Muhammad Iskandar Adam, Camat Mangarabombang, meninjau satu per satu sarana dan prasana tambak yang ada di Instalasi Tambak Percobaan Punaga serta  menyaksikan panen total di salah satu tambak.