Sinergitas Penyuluh Perikanan Dengan Dinas Perikanan Kab. Maros dalam Penyiapan Data Potensi Perikanan

415

Maros- 15/09/21. Data memiliki peran penting yang signifikan dalam pembangunan bangsa, sinergi antara pemerintah sebagai penyedia data dan masyarakat sebagai pengguna yang akan terbangun ketika data pemerintah dapat diakses dengan mudah dan dapat digunakan untuk inovasi dan kolaborasi. Karena itu perlu adanya petugas yang dapat mengumpulkan dan mengolah data untuk mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan.  

Senadah dengan hal tersebut, penyuluh perikanan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAPPP) Maros bersinergi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Maros dalam menyediakan data untuk program digitalisasi di sektor Kelautan dan perikanan berupa aplikasi data potensi perikanan yang berbasis website sebagai media informasi kepada masyarakat, sehingga dengan adanya aplikasi ini masyarakat dapat mengakses potensi perikanan di 14 Kecamatan di Kabupaten Maros.

Dalam kegiatan perkenalan digitalisasi potensi perikanan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Maros Muhadir menjelaskan perlunya sinkronisasi data yang di peroleh oleh penyuluh perikanan dengan data yg bersumber dari kelurahan dan dinas kelautan dan perikanan untuk dapat mendukung data program digitalisasi potensi perikanan.

“Saya berharap adanya sinergitas dengan penyuluh perikanan dalam penyediaan data sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang potensi perikanan di Kabupaten Maros,”ujar Muhadir.

Sementara Koordinator Penyuluh Perikanan Kab. Maros, Asmuri menyambut baik terobosan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan yang telah membuat  program digitalisasi potensi perikanan dan kami selaku penyuluh perikanan akan membantu menyediakan data sehingga aplikasi tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat.